Sitename

Description your site...

Sugianto Dukung Rencana Pemkot Beli Lahan Pasar Besar

Sugianto Dukung Rencana Pemkot Beli Lahan Pasar Besar

KALAMANTHANA, Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mendukung rencana Pemerintah Kota Palangka Raya membeli lahan Pasar Besar agar kios-kios yang terbakar, Selasa (16/8) dini hari, dapat dibangun kembali.

Puluhan kios yang terbakar itu ternyata berada di lahan milik perseorangan sehingga pembangunan ulang tidak bisa dilakukan Pemkot tanpa dibeli terlebih dahulu.

“Jadi, saya dukung niat Pemkot membeli lahan tersebut. Tapi ya tergantung pemilik lahan apakah mau menjualnya kepada Pemkot atau kembali mengelola sendiri. Kan tidak boleh dipaksakan,” ujarnya di Palangka Raya, Selasa (16/8/2016).

Mengenai apakah Pemerintah Provinsi Kalteng akan memberikan bantuan terhadap pemilik kios Pasar Besar yang terbakar, mantan Anggota DPR RI periode 2009-2014 itu mengaku belum dapat memastikan dan sedang melakukan pengkajian.

Sugianto mengatakan, apabila ekonomi pedagang tergolong yang mampu, maka tidak perlu mendapat bantuan dari pemerintah. Namun, apabila tergolong tidak mampu, tentu harus dibantu pemerintah.

“Terpenting sekarang ini, ya dibersihkan terlebih dahulu kios-kios yang terbakar ini agar dapat dibangun kembali. Bagaimanapun pasar besar ini kan salah satu pusat perekonomian Palangka Raya. Itu dulu yang dilakukan,” kata Sugianto.

Sebelumnya, Anwar, salah satu petugas pemadam Kebakaran mengatakan, kebakaran di pasar besar yang terjadi sekitar pukul 03.30 WIB menghanguskan ratusan kios.

Diduga penyebab kebakaran karena arus pendek listrik, mengingat saat itu aktivitas pedagang belum dimulai. Saat ini tim dari Polda Kalteng Tengah langsung melakukan olah TKP untuk memastikan penyebab kebakaran.

“Puluhan mobil damkar swakarsa Palangka Raya saat mendapat informasi langsung ke lokasi. Belum lagi mobil damkar dari pemerintah kota, pemerintah provinsi dan damkar Tagana serta dari pihak lain juga turut melakukan pemadaman,” kata Anwar. (ant/rio)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan