Sitename

Description your site...

Enam Kapal Asing di Kaltara Ikut Ditenggelamkan

Enam Kapal Asing di Kaltara Ikut Ditenggelamkan

KALAMANTHANA, Tarakan – Sebanyak enam kapal asing yang tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia di Provinsi Kalimantan Utara ditenggelamkan secara bersamaan dengan 60 kapal asing lainnya yang ditangkap selama 2016 sebagai rangkaian peringatan HUT ke-71 RI, 17 Agustus 2016.

Penenggelaman kapal asing tersebut di lakukan Pangkalan Utama TNI AL XIII Tarakan di Pantai Amal Kota Tarakan disaksikan Wakil Gubernur Kaltara, Udin Hianggio, pada Kamis (18/8).

Udin Hianggio mendukung sepenuhnya tindakan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menenggelamkan kapal-kapal asing pelaku “ilegal fishing” di wilayah perairan Indonesia tersebut.

“Saya sangat apresiasi tindakan pemerintah yang menenggelamkan kapal-kapal asing pencuri ikan di perairan Indonesia,” kata dia sekaligus menilai tindakan tegas tersebut untuk memberikan efek jera bagi nelayan asing melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah NKRI.

Kapal nelayan yang ditenggelamkan tersebut berasal dari Filipina dan Malaysia yang memasuki wilayah BKRI di Karang Unarang dan tertangkap aparat dari TNI AL beberapa bulan lalu.

Langkah yang ditempuh pemerintah pusat itu, tentunya memberikan peluang besar bagi nelayan lokal untuk meningkatkan produksinya atau tangkapannya yang selama hilang akibat ulah nelayan asing yang menggunakan peralatan tangkap yang lebih modern.

Ia juga mengatakan, penggunaan alat tangkap ikan menggunakan pukat hela sebagaimana banyak dipergunakan nelayan di Provinsi Kaltara masih diperbolehkan hingga Desember 2016.

Pemerintah saat ini snagat konsen dan perhatian terhadap kelangsungan hidup nelayan lokal di antaranya pemberian bantuan kapal lengkap dengan mesin dan alat tangkapnya yang disalurkan melalui koperasi sebagai wadah resmi yang berpayung hukum. (ant/rio)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan