Sitename

Description your site...

Pertamina Klaim Pantai Monpera Sudah Bersih dari Ceceran Minyak

Pertamina Klaim Pantai Monpera Sudah Bersih dari Ceceran Minyak

KALAMANTHANA, Balikpapan – Pertamina menyebutkan proses pembersihan ceceran di Pantai Monpera sampai dengan Jetty 5 sudah 100 persen bersih sejak Selasa (2/5). Dari hasil pengamatan hari ini, kondisi perairan normal, tidak terlihat adanya gangguan lingkungan.

“Kemarin juga Pertamina, Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Balikpapan bersama Polres Balikpapan dan Satpolairut Polres Balikpapan melakukan peninjauan lokasi ceceran minyak yang ada di sekitar area Jetty 5,” kata Alicia Irzanova, Area Manager Communication and Relations Kalimantan kepada KALAMANTHANA, Kamis (3/5/2017).

Dalam peninjauan lokasi tersebut disampaikan Pertamina RU V Balikpapan telah melakukan penanganan atas ceceran minyak yang ada. Sumber ceceran dipastikan tidak berasal dari proses pengolahan minyak mentah menjadi produk bahan bakar yang dilakukan di kilang.

“Setelah melakukan penelusuran lanjutan, ditemukan adanya rembesan cairan di Jetty 5 B dari kerangan penutup aliran cairan ballast kotor,” lanjutnya.

Ballast kotor adalah air bekas pencucian kompartemen kapal. Ballast kotor tersebut dikirim melalui pipa ke tangki di darat. Rembesan tersebut muncul dari keranggan yang tidak dapat tertutup rapat (passing) sehingga cairan ballast kotor tersebut tercecer ke perairan.

Pihak RU V telah melakukan pengamanan sumber rembesan agar ceceran tidak meluas dan hal ini telah disampaikan kepada pihak-pihak yang melakukan peninjauan ke lokasi sumber rembesan. Pertamina juga telah menyampaikan komitmennya terhadap penanganan ceceran minyak yang ada dengan menggunakan berbagai macam peralatan dan fasilitas agar sisa ceceran minyak dapat ditanggulangi dengan cepat.

“Begitu mendapat laporan pada hari Senin (1/5) adanya ceceran tersebut, kami bergerak cepat mengisolasi area yang tercecer agar tidak meluas dengan cara melokalisir ceceran minyak di perairan menggunakan oil boom dan diarahkan menuju sisi Jetty RU V agar dapat dilakukan penyedotan ceceran minyak menggunakan vacuum truck,” tuturnya.

Pada saat bersamaan juga dilakukan pembersihan di pesisir pantai Monpera maka RU V.

Dalam menanggulangi ceceran minyak, pihak Pertamina RU V telah menurunkan berbagai peralatan/fasilitas antara lain tug boat, kapal tunda, alumunium boat, rubber boat, vacuum truck, oil boom dan lain-lain. (hr)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan