Sitename

Description your site...

Duh…Harga Tomat di Barut Naik Hampir Dua Kali Lipat

Duh…Harga Tomat di Barut Naik Hampir Dua Kali Lipat

KALAMANTHANA, Muara Teweh – Menjelang Ramadan, harga sayuran di pasar tradisional di Barito Utara relatif stabil. Hanya saja, lonjakan tinggi terjadi untuk harga tomat.

Sum (52), seorang pedagang sayuran di PD Pasar Ipu, Muara Teweh, mengatakan lonjakan harga tomat sudah terjadi seminggu terakhir. “Jika sebelumnya tomat dijual di harga Rp8 ribu per kilogram, awal pekan ini naik Rp6 ribu menjadi Rp14 ribu,” ujar Sum kepada KALAMANTHANA, Rabu (10/5/2017).

Sementara untuk harga cabai yang biasanya berfluktuasi pada awal pekan ini cenderung stabil. Namun demikian, pedagang mengeluhkan karena harga cabai seperti cabai rawit merah, cabai keriting dan cabai merah besar masih tinggi.

Selain tomat, kebutuhan lain yang mengalami kenaikan harga adalah telur. Telur ayam ras yang biasanya berkisar pada harga 20 ribu per kilogram, kini sudah menjadi Rp23 ribu.

Sum menyebutkan kenaikan harga tomat dan telur disebabkan karena pasokan. “Beberapa hari ini pasokan kedua komoditas itu mengalami penurunan,” katanya.

Salah seorang pembeli di pasar Ipu Muara Teweh, Susan  mengatakan kenaikan harga ini tidak ditunjang dengan kenaikan pendapatan per hari. Ini yang membuatnya gelisah, terutama karena sebentar lagi Ramadan akan datang.

“Uang bulanan tetap saja, sedangkan menjelang bulan Ramadan ini kebutuhan sembako mulai beranjak naik,” katanya. (atr)

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan