Sitename

Description your site...

MTQ Kaltim 2017 Ciptakan Dua Sejarah Sekaligus

MTQ Kaltim 2017 Ciptakan Dua Sejarah Sekaligus

KALAMANTHANA, Penajam – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kalimantan Timur XXXIX tahun 2017 secara resmi dimulai di Masjid Agung, Komplek Islamic Center km 09 Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Acara ini diselenggarakan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

MTQ mencatatkan dua sejarah sekaligus. Untuk pertama kalinya Penajam Paser Utara jadi tuan rumah. Sejarah lainnya, pertama kalinya pula kafilah Kabupaten Mahakam Ulu mengikuti MTQ Kaltim.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Rusmadi, mewakili Gubernur Awang Faroek Ishak, didampingi Bupati PPU Yusran Aspar dan Ketua LPTQ Kaltim Meiliana, membuka MTQ dalam suasana yang meriah, mewah, diwarnai perpaduan lampu dan proyektor di halaman Masjid Agung, Senin (15/5/2917) malam. MTQ diikuti 10 kabupaten/kota di Kaltim.

Acara dimulai hiburan oleh Wafiq Azizah, kemudian dilanjutkan tarian khas PPU, dilanjutkan pengenalan para kafilah dan motto serta yel-yel dari 10 kabupaten/kota. Setelah itu, ada prosesi pembukaan dengan lagu Indonesia Raya dilanjutkan lantunan ayat suci Al-Quran yang begitu merdu dan indah oleh qori International Darwin Hasibuan dari Medan Sumatera Utara.

Ketua Panitia MTQ Ke-39 Kaltim Yusran Aspar dalam sambutannya tak lupa mengucapkan salam “Ise Kabar Taka” dan kemudian menyampaikan bahwa masyarakat PPU menyampaikan rasa puji syukur kepala Allah, MTQ bisa berlangsung dan luapan kegembiraan masyarakat Kabupaten PPU untuk yang pertama kalinya. “Malam ini kita bisa melaksanakan pembukaan MTQ hingga bisa berjalan lancar dan puji syukur atau ke hadirat Allah SWT,” kata Yusran.

Yusran berharap semua pihak untuk berbuat yang terbaik hingga penutupan MTQ. Pihaknya siap melayani tamu undangan yang hadir, baik kafilah maupun peserta. Dia pun berterima kasih kepada Pemprov Kaltim yang telah menunjuk PPU selaku tuan rumah tahun ini.

Sementara itu Sekretaris Provinsi Kaltim Rusmadi menyampaikan MTQ Ke-39 kali ini menjadi hari bersejarah karena untuk pertama kalinya Kabupaten Mahakam Ulu menjadi perserta MTQ, ajaran islam dan kitab suci Alquran sebagai pedoman dalam kehidupan bermayarakat berbangsa dan bernegara.

“Berkenaan dengan MTQ ke-39, tahun ini kepada Pemerintah Kabupaten PPU, kami mengucapkan terima kasi, atas terselenggaranya MTQ di PPU bisa berjalan dengan baik,” kata Rusmadi.

Dengan mengucapkan bismallah, Rusmadi membuka MTQ Ke-39, dilanjutkan penekanan sirine oleh Rusmadi didampingi Bupati/Wakil Bupati PPU, dilanjutkan persemian Masjid Agung oleh Rusmadi dan penandatangan prasati oleh Rusmadi dan Yusran Aspar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD PPU Nanang Ali, Wakil Bupati PPU, Walikota Samarinda Syaharie Ja’ang, Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie, Bupati Kutim Ismundar, Wakil Bupati Kukar Edi Darmansyah, Anggota DPR RI Hj Kasriah, Wakil Ketua DPRD Prov Kaltim Andi Faisal Assegaf, Kabintal Dam IV/MLW Mayor Siregar, serta perwakilan Kabupaten/Kota se-Kaltim. (hr)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan