Sitename

Description your site...

Ironis, Perahu PDIP Ternyata Tak Banyak Peminat di Pilkada PPU

Ironis, Perahu PDIP Ternyata Tak Banyak Peminat di Pilkada PPU

KALAMANTHANA, Samarinda – Ada yang aneh dalam peta politik di Kabupaten Penajam Paser Utara. Meski secara nasional dan di banyak daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah penguasa parlemen, di PPU si Banteng Moncong Putih ternyata tak laku.

Tak percaya? Tengoklah penjaringan calon kepala daerah menuju Pilkada PPU yang digelar PDIP. Miskin calon. Hanya dua orang yang mengembalikan formulir pendaftaran.

Bandingkan dengan Koalisi Kerkyatan, gabungan tiga parpol yang bahkan hanya masing-masing punya satu kursi di DPRD PPU. Koalisi yang terdiri dari Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hanura itu bahkan mampu menjaring 13 bakal calon meski hanya lima kandidat yang maju ke tahap berikutnya.

Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik PDIP Kaltim Agus Salim menegaskan pihaknya telah menuntaskan tahapan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati di Kabupaten Panajam Paser Utara.

Setelah diperpanjang selama dua minggu dan berakhir pada 15 Juni 2017, baru ada dua kandidat yang menyerahkan berkas, yakni ketua DPC PDI PPU Sudirman dan Dayang Donna Faroek.

Menurut Agus Salim, sesuai dengan petunjuk partai telah menetapkan batasan minimal bakal calon pada masa penjaringan, yakni minimal empat calon.

Posisi ini tentu saja kurang menguntungkan bagi PDIP. Sebab, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini hanya memiliki empat kursi di DPRD PPU sehingga tak bisa mengusung pasangan calon sendiri.

Apakah mereka akan mengusung kandidat berkoalisi dengan Koalisi Kerakyatakan, masih tanda tanya. Meski Nasdem, PKB, dan Hanura bergabung dengan PDIP dalam Fraksi PDIP di DPRD PPU, tapi Koalisi Kerakyatan ini pun sudah melakukan penjaringan sendiri. Menjadi aneh jika mereka melakukan penjaringan bakal calon tapi malah kemudian kembali merapat bersama PDIP. (myu)

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan