Sitename

Description your site...

Warga Barsel Diajak Lebih Optimalkan Lahan Pertanian

Warga Barsel Diajak Lebih Optimalkan Lahan Pertanian

KALAMANTHANA, Buntok – Masyarakat Kabupaten Barito Selatan diharapkan bisa lebih mengoptimalkan pemanfaatan lahan pertanian di wilayahnya untuk meningkatkan produksi.

“Pastinya dalam memanfaatkan lahan pertanian pihak pemerintah juga bisa memberikan dukungan melalui pihak atau dinas yang terkait,” ucap Astianto, anggota DPRD Barsel kepada KALAMANTHANA, Senin (19/6/2017).

Legislator dari Partai Demokrat Barsel ini juga menginginkan agar masyarakat yang mata pencahariannya sebagai petani harus memberanikan diri untuk bertanya kepada petugas penyuluh lapangan (PPL ) jika memang ada hal yang belum dimengerti dan dipahami. “Terlebih jika ada masalah, dapat kiranya untuk mengkoordinasikannya, sehingga bisa dicari jalan keluarnya,” ujar wakil rakyat dapil III Barsel.

Ia juga mengatakan, padi atau beras adalah kebutuhan vital dan  utama bagi masyarakat  secara umum. Maka dari itu, kata dia, pemerintah harus memberikan perhatian khusus terhadap para petani dalam melakukan pengembangan usaha tanam padi.

Sementara Wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir juga mengatakan, untuk mendukung pemanfaatan lahan pertanian di Barsel pemerintah telah membangun sarana dan prasarana guna proses penataan air, baik itu saluran sekunder, tersier  maupun cek dam.

Tidak hanya itu, kata wanita cantik ini, pemerintah juga telah membuat jalan usaha tani atau titian usaha tani serta bantuan pembuatan galangan sawah dan pemberian benih padi unggul yang dananya  melalui APBD Kabupaten  dengan APBD Provinsi  maupun dana APBN.

“Bahkan untuk memperlancar penggarapan lahan sawah maupun akan berproduksi padi menjadi beras, sejumlah alat serta mesin pertanian telah diberikan pemerintah walaupun dalam jumlah yang sangat terbatas,” ujar Aty Djoedir. (fik)

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan