Sitename

Description your site...

Apa Peran Wanita Ini dalam Jaringan Sabu di Barut?

Apa Peran Wanita Ini dalam Jaringan Sabu di Barut?

KALAMANTHANA, Muara Teweh – Dari empat tersangka narkoba jenis sabu-sabu yang ditangkap aparat Satuan Reskoba Polres Barito Utara, dua di antaranya pasangan suami-istri. Apa peran mereka?

Pasangan suami istri itu adalah Ali Maspuat alias Puat (38) dan istrinya Liana alias Lia (27). Keduanya adalah warga Jalan Pierre Tendean, Kelurahan Melayu, tepatnya di simpang empat Karang Jawa. Keduanya diamankan petugas pada Senin pukul 16.30 WIB.

Puat dan Lia diringkus polisi berdasarkan pengembangan dari penangkapan sebelumnya terhadap Sumaji (27) alias Haris Bejo dan Agus Indarmono (53) alias Agus.

Kapolres Barito Utara AKBP Tato Pamungkas melalui Kasat Narkoba AKP Tugiyo menyebutkan, setelah menangkap Sumaji dan Agus, pihaknya melakukan interogasi singkat. Keduanya pun bernyanyi, menyebutkan bahwa barang haram sabu-sabu itu mereka dapatkan dari Lia.

“Barang haram itu mereka dapatkan dari seorang perempuan yang beralamat di Jalan Pierre Tendean No 20 A Kelurahan Melayu, simpang Empat Karang Jawa. Kedua tersangka kemudian kita bawa ke lokasi hasil pengembangan itu dan kita amankan Liana (27) bersama suaminya Ali Maspuat (38),” tambah Tugiyo di Muara Teweh, Selasa (8/8/2017).

Penangkapan terhadap gerombolan ini, menurut Tugiyo, berawal dari informasi masyarakat bahwa di sebuah barak di Jalan Merak, sering terjadi transaksi narkoba jenis sabu-sabu. Tim Reskoba Polres Barut pun langsung meluncur dan melakukan penangkapan.

“Kita langsung melakukan monitoring. Setelah keadaannya dianggap cukup untuk dilakukan penindakan, petugas langsung melakukan upaya paksa berupa penangkapan dan pengeledahan,” jelasnya.

Saat dilakukan penggeledahan didapati sabu sebanyak lima paket. Sabu itu diduga milik dua orang yang kemudian ditetapkan sebagai tersangka, yakni Sumaji (27) alias Haris Bejo, warga Jalan Merak dan Agus Indarmono (53) alias Agus, warga Desa Luwe Hulu, Kecamatan Lahei Barat.

Dari pengembangan, sebut Tugiyo, pihaknya kemudian menangkap dua tersangka lain di Jalan Pierre Tendean, Kelurahan Melayu, tepatnya di simpang empat Karang Jawa. Dua tersangka yang diamankan adalah Liana (27) dan Ali Maspuat (38).

“Barang bukti yang berhasil kita amankan dari tangan keempat tersangka ini  berupa sabu kristal putih sebanyak 1,73 gram  terdiri atas lima paket kecil, tiga buah pipet kaca, tiga telepon seluler berbagai merk, tiga set lengkap alat hisap sabu, satu kompor pembakar sabu, tiga buah sendok takar dari sedotan plastik, dua tas kecil warna hitam dan uang tunai Rp19 juta lebih,” katanya.

Kepada tersangka Lia dan Ali Maspuat serta Sumaji dan Agus Isdarmono dipersangkakan telah melanggar Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 112 ayat (1) Jo Pasal  132 UU No 35 tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman Minimal 4 tahun Maksimal 20 Tahun. (atr)

Tags: , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan