Sitename

Description your site...

Warga Seruyan Dapat Plasma (Lagi), Sudarsono: Jerih Payah Kita Semua!

Warga Seruyan Dapat Plasma (Lagi), Sudarsono: Jerih Payah Kita Semua!

KALAMANTHANA, Sampit – Warga tiga desa di Kecamatan Danau Sembuluh dan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, kini boleh berbangga. Mereka segera memiliki kebun plasma kelapa sawit bekerja sama dengan PT Salonok Ladang Mas (SLM).

Adapun ketiga desa itu terdiri dari Desa Sembuluh I, Sembuluh II, dan Tabiku. Salonok Ladang Mas sendiri adalah perusahaan besar kelapa sawit yang berpayung pada Grup USTP.

Penandangtangan MoU antara  PT Salonok Ladang Mas dengan KUD Danau Alam Subur dilakukan di Aquarius Boutique Hotel, Sampit, Selasa (8/8). Penandatanganan ini disaksikan Bupati Seruyan Sudarsono, Kadis Katahanan Pangan dan Pertanian dan Kadis Koperasi dan UMKM, Camat Danau Sembuluh dan Camat Seruyan Raya.

Pimpinan Salonok Ladangan Mas ,Binsar Manurung mengatakan lahan yang dikerjasamakan seluas 1.120,29 hektare dengan 1.038 orang anggota koperasi dan masih diurus sebanyak 134 orang anggota.

“Dengan penandatanganan plasma di tiga desa ini diharapkan dapat meningkatkan daya hidup masyarakat,” harapnya.

Ketua Koperasi KUD Danau Alam Subur, Dawam mengucapkan terima kasih atas hadirnya Bupati Sudarsono berserta jajarannya. “Terima kasih kepada semua yang terlibat sehingga kebun plasma ini bisa berjalan dengan baik dan sampai bisa dilaksanakan MoU berkat bantuan semua pihak,” ucapnya.

Bupati Sudarsono mengatakan dirinya punya mimpi masyarakat Seruyan seharusnya bisa sejahtera jika kemitraan masyarakat dengan perusahaan dalam bentuk kebun plasma bisa diwujudkan. Sebab, jika dihitung 20 persen dari luas lahan kelapa sawit di Seruyan, akan didapat luasan plasma 80 ribu hektare. Cukup bagi kabupaten yang penduduknya hanya 70 ribu orang ini.

“Seharusnya Seruyan sudah sejahtera. Inilah cita-cita dan mimpi saya untuk masyarakat Seruyan,” ucapnya.

Selama empat tahun kepemimpinannya, Sudarsono mengaku sudah ada 13.545 hektare kebun plasma yang diwujudkan. Semuanya dikelola delapan koperasi yang bekerja sama dengan tiga perusahaan kelapa sawit di Seruyan.

“Ini hasil jerih payah kita semua. Jangan ada yang jadi pahlawan kesiangan dari semua hasil plasma buat warga ini,” pungkasnya. (joe)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan