Sitename

Description your site...

Modal Pas-pasan, Sanggar Entero Masih Bisa Ikut Festival Internasional

Modal Pas-pasan, Sanggar Entero Masih Bisa Ikut Festival Internasional

KALAMANTHANA, Penajam – Jagad seni dan budaya di Penajam Paser Utara semakin menggeliat. Tentu hal ini karena sebuah prestasi yang luar biasa. Adalah Sanggar Seni Entero yang akan mewakili Penajam Paser Utara berkibar dalam Lanjong Art Festival di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, 12-20 Agustus 2017.

Lanjoeng Art Festival sendiri merupakan event eksibisi, festival dan workshop seni-budaya berskala internasional yang digelar dua tahun sekali. Partisipannya terdiri dari para pelaku seni multidisiplin, baik nasional maupun internasional. Lewat program ini diharapkan tercipta ruang edukasi sekaligus wahana hiburan seni-budaya bagi masyarakat.

Pagelaran seni Lanjong Art Festival (LAF) ke-5 pada tahun ini sepertinya tidak akan kalah meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebanyak tujuh negara, yakni Australia, Rusia, Sungapura, Belgia, Jepang, India, dan tuan rumah Indonesia ambil bagian dalam gelaran itu.

Di sela perjalanannya ke Kutai Kartanegara, Andi Rusli, pembina Sanggar Seni Entero, kepada KALAMANTHANA menjelaskan proses penentuan ikut di ajang ini via video di youtube diikuti oleh seluruh indonesia lewat Channel Lanjong Foundation serta email dan facebook. “Alhamdulillah, Entero termasuk yang lolos seleksi tahun ini,” ujarnya.

Andi Rusli menambahkan, keberangkatan Sanggar Seni Entero ke ajang ini untuk menampilkan musikalisasi puisi dengan membawa tujuh personil, terdiri dari enam pria dan satu wanita. “Tahun ini kami hanya lolos musikalisasi puisi. Untuk monolog dan tari tidak lolos seleksi. Sebuah sanggar seni dengan keterbatasan anggaran, jadinya bergerak semampu kami. Itulah salah satu kendala hingga kami tidak lolos seleksi untuk kategori lainnya,” katanya.

“Evennya skala internasional, lombanya nasional, tentunya kami berharap dapat pengalaman berharga dari sini dan bisa dibagikan sepulang nanti. Tidak kalah pentingnya, bisa mengangkat nama daerah yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara,” paparnya. (myu)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan