Sitename

Description your site...

Perlu Keseimbangan Pembangunan Desa-Kota di Barsel

Perlu Keseimbangan Pembangunan Desa-Kota di Barsel

KALAMANTHANA, Buntok – Jauh tertinggalnya pembangunan kawasan pedesaan di Barito Selatan dibanding wilayah perkotaan memicu keprihatinan kalangan DPRD setempat. Mereka memandang perlu ada keseimbangan pembangunan antara pedesaan dan perkotaan.

Keprihatinan itu, salah satunya, dikemukakan Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Hasanudin Agani. Dia membenarkan jika pembangunan pedesaan di wilayah setempat masih jauh dari harapan.

“Kami menilai selama ini pembangunan yang berada di wilayah pedesaan masih jauh dari harapan bersama,” katanya di Buntok, Sabtu (12/8/2017).

Artinya lanjut dia, semua laporan yang masuk dari pihak eksekutif selama ini hanya sebatas formalitas saja. Bahkan cenderung laporan yang bagus-bagus saja. Sebab dari fakta lapangan, banyak fasilitas dan program pembangunan desa justru tidak sesuai kenyataan.

“Yang paling menyolok menyangkut fasilitas umum desa masih banyak yang belum terlihat, dan tidak sesuai seperti laporan yang masuk,” ujarnya.

Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri yang belum seumur jagung dilantik, memiliki cara untuk mengetahui aspirasi masyarakat di wilayah pedesaan. Salah satunya, dengan menggelar program berkantor di kecamatan secara berkala. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas pembangunan di pedesaan.

Langkah putra mantan Bupati Barsel, Asmawi Agani ini mendapat apresiasi dari DPRD. Ketua Komisi II DPRD Ideham menyambut baik program bupati berkantor di kecamatan tersebut.

Menurut Ideham, program-program merakyat dan untuk rakyat yang disodorkan Bupati Eddy Raya dan Wakil Bupati Aty Djoedir sebenarnya sudah sangat baik. Program ngantor di tiap kecamatan di Barsel, menurutnya, akan menyempurnakan program-program pembangunan termasuk dalam hal percepatan pelaksanaannya.

“Itu akan lebih mengena karena pihak pemerintahan tertinggi di Barsel terjun langsung ke masyarakat. Sudah tentu itu akan lebih mengetahui dan akan lebih memahami apa yang menjadi permasalahan di dalam satu wilayah. Tentunya hal ini berkaitan erat dengan percepatan pembangunan Kabupaten Barsel,” ucap legislator dan Ketua PAN Barsel ini. (fik)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan