Sitename

Description your site...

Kalbar Jadi Proyek Percontohan Penanganan Kebakaran Hutan

Kalbar Jadi Proyek Percontohan Penanganan Kebakaran Hutan
Ilustrasi

KALAMANTHANA, Pontianak – Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi proyek percontohan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia.

“Jadi seluruh kepala Urusan Pembinaan dan Operasional (Kaur Bin Ops) seluruh Polda se-Indonesia nantinya akan berkumpul di Kalbar. Kemudian kami akan mengadakan suatu simulasi-simulasi penanganan Karhutla di wilayah Pontianak atau di Kabupaten Kubu Raya,” kata Kapolresta Pontianak, Kombes (Pol) Purwanto, Senin.

Hingga saat ini, kata dia, titik api (hot spot) di Kalbar khususnya di wilayah hukum Polresta Pontianak sudah banyak berkurang. “Titik api di tempat kita ini alhamdulillah sudah banyak sekali berkurang, karena rutinnya pengawasan dan ditambah dengan berkah hujan yang hampir setiap hari turun,” ungkapnya.

Namun dia mengimbau agar masyarakat turut bersama-sama menjaga dan tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar. Apalagi kondisi lahan di Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya merupakan tanah gambut yang mudah terbakar.

“Kami berharap semua pihak termasuk masyarakat dapat saling menjaga agar tidak terjadi kasus Karhutla, karena tanah kita di Pontianak ini merupakan tanah gambut yang mudah terbakar dan sulit untuk di padamkan,” katanya.

Menurut dia, jika masih ada yang berani membakar lahan baik itu di sengaja maupun tidak hingga mengakibatkan kebakaran besar dan gangguan kabut asap, maka yang bersangkutan akan ditindak tegas, dan diproses hukum. “Kepada para pelaku yang terbukti melakukan tindak pidana pembakaran lahan maka kami tidak segan-segan menindak dengan tegas,” katanya.

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan