Sitename

Description your site...

Satu Kata untuk Aditya Harlan: Pahlawan!

Satu Kata untuk Aditya Harlan: Pahlawan!

KALAMANTHANA, Bandung – Barito Putera sukses menahan Persib Bandung tanpa gol di Stadion si Jalak Harupat, Soreang. Pahlawannya tak lain adalah penjaga gawang Aidtya Harlan.

Bola memang sempat menyentuh gawang penjaga gawang berusia 30 tahun ini di babak pertama. Tapi, beruntung karena wasit menilai Raphael Maitimo terperangkap offside saat memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Ezechiel Ndouasel itu.

Di luar itu, kiper kelahiran 17 Juni 1987 ini bertarung spartan. Banyak peluang Persib Bandung yang dimentahkan Aditya. Paling krusial adalah menjelang akhir pertandingan, ketika dia masih bisa menepis sundulan Ezechiel Ndouasel.

Aidtya tak bisa disebut sebagai pahlawan sendirian. Selain seabreg penyelamatan cemerlang yang dia lakukan, peran Hansamu Yama Pranata yang berjibaku di jantung pertahanan juga berperan meredam serangan tuan rumah. Sedikitnya dua kali Hansamu harus mendapat perawatan akibat benturan dengan pemain lawan.

Bagi Aditya, ini pertama kalinya dia melaukan clean sheet dalam lima pertandingan terakhir. Sebelumnya, pada empat laga sebelumnya, gawangnya selalu kebobolan.

Terakhir kali Aditya melakukan clean sheet adalah saat Barito Putera unggul 2-0 atas Sriwijaya di Stadion 17 Mei Banjarmasin. Setelah itu, dia tak bisa menyelamatkan gawang, meski pada sebagian pertandingan Barito Putera tetap menang.

Melawat ke Gresik, 17 September lalu, gol Roberto Pugliara dan Arga Permana bersarang di gawangnya dan Barito Putera kalah 1-2. Menjamu Persipura Jayapura, gawangnya pun dibongkar bunuh diri Dandi Abdulkak meski Barito Putera bermain imbang 1-1.

Di dua laga berikutnya, saat Barito Putera menang, gawang Aditya tetap kebobolan. Menang di kandang Semen Padang 2-1, Vendry Mofu sempat bikin Aditya tak berdaya. Saat mengalahkan Borneo FC 2-1, giliran Kunichiro Yamashita membongkar gawangnya.

Aidtya di awal musim bukanlah pilihan utama. Dia jadi cadangan bagi Shahar Ginanjar. Bahkan di tiga laga, saat lawan PS TNI, Arema FC, dan Perseru Serui, namanya tak masuk daftar pemain.

Tapi, sejak penampilan cemerlang lawan Semen Padang, Aditya tak tergantikan. Dia selalu jadi starter, kecuali saat Barito Putera menjamu Arema FC dan kalah 1-2. Selama itu, Aditya mencatat tujuh kali clean sheet. Kecuali lawan Persib, dia juga mempertahankan keperawanan gawangnya saat mengalahkan Persib di Banjarmasin, menang 1-0 di kandang Bhayangkara FC, mengalahkan tamunya Persiba Balikpapan 1-0, menekuk Persija Jakarta 1-0 di Stadion 17 Mei, unggul 1-0 di kandang Perseru Serui, dan menggilas Sriwijaya FC 2-0 di Banjarmasin. (ik)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan