Sitename

Description your site...

Jarliansyah Ingatkan Kades Jangan Simpangkan ADD

Jarliansyah Ingatkan Kades Jangan Simpangkan ADD

KALAMANTHANA, Buntok Komisi I DPRD Barito Selatan mendesak semua kepala desa yang ada di seluruh wilayah untuk bisa proaktif  dalam menjalankan semua tugasnya, terutama menyangkut peningkatan roda pemerintahan di desa yang dipimpinnya.

Gal tersebut dikatakan H Jarliansyah, anggota komisi I DPRD Barsel kepada KALAMANTHANA, Jumat (13/10/2017).

Legislator dari Partai Nasdem  ini mengatakan, peran kades dalam pembangunan sangatlah besar. Untuk itu, kata dia, semua kades maupun perangkatnya dituntut untuk menguasai bukan saja letak geografisnya, akan tetapi potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di desanya.

Begitu pula untuk penggunaan alokasi dana desa (ADD), kata wakil rakyat dapil I Barsel itu, hendaknya jangan ada penyimpangan dan selalu dilakukan secara transparan. “Sehingga dalam setiap penggunaannya dapat dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Selain penggunaan ADD, lanjut dia, semua kades dituntut dapat menyusun program-program kegiatan yang benar-benar bisa memberikan kemajuan bagi desanya. Diketahui di tahun sebelumnya banyak sekali program-program kegiatan desa yang tidak terlaksana dengan baik dan tidak tepat sasaran.

“Itu disebabkan karena tidak becusnya kades dalam menjalankan tugasnya, termasuk dalam penggunaan ADD,” ungkapnya.

Selain itu ia juga menyebutkan untuk maju dan mundurnya pembangunan di desa adalah merupakan tanggung jawab yang besar bagi kades, termasuk pula semua perangkat desa lainnya.  Maka dari itu, kata dia, peran aktif dan keikutsertaan seluruh komponen pemerintah maupun kelembagaan masyarakat di desa, sangat dibutuhkan. “Agar ikut serta melakukan pengawasan dari setiap proses dan upaya pembangunan di desa,” ucap Jarliansyah. (fik)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan