Sitename

Description your site...

Buka Festival Tandak Intan Kaharingan, Ini Harapan Ben Brahim

Buka Festival Tandak Intan Kaharingan, Ini Harapan Ben Brahim

KALAMANTHANA, Kuala Kapuas – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat membuka secara resmi Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Kabupaten Kapuas 2017 di Kecamatan Kapuas Tengah, Selasa (14/11).

Pembukaan Festival Tandak Intan Kaharingan saat ditandai dengan pemukulan alat musik katambung dan penyerahan trofi piala bergilir kepada Ketua Panitia Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IK) Kabupaten Kapuas, Untung.

Bupati Ben Brahim mengatakan, dirinya akan selalu siap mendukung semua kegiatan keagamaan yang ada di Kabupaten Kapuas. “Kita harus selalu mendukung kegiatan keagamaan karena ini sangat penting dan kegiatan seperti ini merupakan salah satu pembangunan di bidang keagamaan,” katanya.

Menurut Ben kegiatan Festival Tandak Intan Kaharingan adalah suatu kegiatan yang luar biasa, karena akan membuat yang mengikuti kegiatan ini lebih kuat iman dan takwanya.

Iia juga menerangkan akan terus melanjutkan pembangunan di berbagai bidang untuk kemajuan Kabupaten Kapuas. Karena itu, Bupati Kapuas juga mengimbau seluruh masyarakat agar besama-sama mengikat erat tali silaturahim dan tali persaudaraan tanpa membedakan suku agama, ras dan golongan.

“Jadi, mari satukan langkah dan pikiran untuk membangun Kabupaten Kapuas agar lebih maju, rukun, dan mandiri,” ajak Ben.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kapuas juga menyerahkan secara langsung buku keagamaan Agama Hindu Kaharingan kepada Majelis Resort Kaharingan.

Sementara itu, Sulatin selaku panitia, menjelaskan bahwa dalam festival ini ada lima jenis lomba seperti kendayu (kidung rohani) perorangan dan beregu,  tandak (manandak), pembacaan kitab suci panturan dan terjemahan, penyampaian pandehen (siraman rohani), karungut yang bernafaskan agama Hindu Kaharingan. (is/adv)

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan